Kali ini yang akan saya share adalah tentang materi perkuliahan GPU (Graphics Processing Unit) Programming (EL5130). Konten utama mata kuliah ini secara garis besar adalah implementasi teknis pemrograman OpenGL. Saya sendiri masih tergolong baru dalam pemrograman OpenGL ini. Sehingga harapannya, saya bisa lebih gamblang dalam menjelaskan segala sesuatunya dari kacamata orang yang masih awam dengan pemrograman OpenGL. Semoga bermanfaat…
OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu standar API yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). OpenGL dapat berjalan berbagai perangkat keras dan bahasa pemrograman. OpenGL mempunyai banyak pustaka untuk membuat grafik dengan berbagai model dan bentuk seperti permukaan quadratic atau kurva NURBS. Pustaka standar ini disebut OpenGL Unit Library Toolkit(Glut). Didalam Glut tersebut sudah terdapat berbagai fungsi, mulai aplikasi windows (windowing) sampai aplikasi grafik lainnya, sehingga tidak repot-repot mengubah kode progam jika diterapkan pada sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda.
Untuk membuat program OpenGL ini, kita membutuhkan kompailer dan editor . Untuk bahasa pemrograman C++, bisa menggunakan perangkat lunak CodeBlock, Eclipse, Microsoft Visual C++ dan lain-lain. Semua perangkat lunak diatas merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang didalamnya sudah ada editor kode program, compiler atau interpreter atau link ke compiler atau interpreter, builder dan debuger.
link ke compiler atau interpreter, builder dan debuger.
Instalasi CodeBlock C++
Download CodeBlock C++ di http://www.codeblocks.org/downloads/binaries , pilih codeblocks-10.05mingw-setup.exe. Setelah di download, klik 2 kali pada file dan ikuti proses install sampai dengan selesai.
Instalasi OpenGL Unit Library Glut
Download Glut di http://www.xmission.com/~nate/glut/glut-3.7.6-bin.zip, kemudian ekstrak file tersebut. Setelah di ekstrak akan terlihat folder glut-3.7.6-bin dengan beberapa file glut di dalamnya. Lakukan langkah-langkah berikut untuk meng-Copy file dalam folder glut-3.7.6-bin, yaitu
- Copy glut32.dll ke dalam folder C:\Windows\System32
- Copy glut.h ke dalam folder C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\include\GL
- Copy glut32.lib ke dalam folder C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib
Setting OpenGl di CodeBlocks dan Project 1 OpenGL
Sekarang jalan kan Program CodeBlocks untuk mensetting link librarynya agar ketika menulis code program dan mengkompile dikenal oleh IDE CodeBlocks.
1)Setelah Program CodeBlock dibuka, maka klik Menu File > New > Project..
Pada New From Template box pilih OpenGL project dan klik tombol Go.
2)Kemudian tentukan nama file dan Folder akan disimpan kode program dan ikuti wizard dengan mengklik tombol Next sampai muncul muncul tombol Finish.
3)Setelah mengklik tombol Finish maka akan terbentuk project dengan nama project yang ada buat, dibawahnya ada folder Source dengan sebuah file main.c
4)Kemudian klik Menu Settings>Compiler and Debuger.. Maka akan muncul kotak Global Compiler Settings.
Kemudian klik Linker Setting. Klik tombol Add untuk menambah setting library yang berada di C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib\glut32.lib;
Setelah tombol Ok diklik maka akan terlihat .
5)Kemudian klik tombol Ok. Seterusnya buka program main.c. dan tulislah cooding anda...
contoh cooding ::
#include
void Draw() {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.25, 0.25, 0.0);
glVertex3f(0.75, 0.75, 0.0);
glEnd();
glFlush();
}
void Initialize() {
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}
int main(int iArgc, char** cppArgv) {
glutInit(&iArgc, cppArgv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(250, 250);
glutInitWindowPosition(200, 200);
glutCreateWindow("Lesson 1");
Initialize();
glutDisplayFunc(Draw);
glutMainLoop();
return 0;
}
6)Untuk melihat hasilnya Klik Menu Build > Build Ctl+F9, kemudian Klik Menu Build > Run Ctrl+F10. Maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini. contoh hasil dari cooding diatas :
OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu standar API yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). OpenGL dapat berjalan berbagai perangkat keras dan bahasa pemrograman. OpenGL mempunyai banyak pustaka untuk membuat grafik dengan berbagai model dan bentuk seperti permukaan quadratic atau kurva NURBS. Pustaka standar ini disebut OpenGL Unit Library Toolkit(Glut). Didalam Glut tersebut sudah terdapat berbagai fungsi, mulai aplikasi windows (windowing) sampai aplikasi grafik lainnya, sehingga tidak repot-repot mengubah kode progam jika diterapkan pada sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda.
Untuk membuat program OpenGL ini, kita membutuhkan kompailer dan editor . Untuk bahasa pemrograman C++, bisa menggunakan perangkat lunak CodeBlock, Eclipse, Microsoft Visual C++ dan lain-lain. Semua perangkat lunak diatas merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang didalamnya sudah ada editor kode program, compiler atau interpreter atau link ke compiler atau interpreter, builder dan debuger.
Instalasi CodeBlock C++Download CodeBlock C++ di http://www.codeblocks.org/downloads/binaries , pilih codeblocks-10.05mingw-setup.exe. Setelah di download, klik 2 kali pada file dan ikuti proses install sampai dengan selesai.
Instalasi OpenGL Unit Library Glut
Download Glut di http://www.xmission.com/~nate/glut/glut-3.7.6-bin.zip, kemudian ekstrak file tersebut. Setelah di ekstrak akan terlihat folder glut-3.7.6-bin dengan beberapa file glut di dalamnya. Lakukan langkah-langkah berikut untuk meng-Copy file dalam folder glut-3.7.6-bin, yaitu
1) Copy glut32.dll ke dalam folder C:\Windows\System32
2) Copy glut.h ke dalam folder C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\include\GL
3) Copy glut32.lib ke dalam folder C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib
Setting OpenGl di CodeBlocks dan Project 1 OpenGL
Sekarang jalan kan Program CodeBlocks untuk mensetting link librarynya agar ketika menulis code program dan mengkompile dikenal oleh IDE CodeBlocks.
1)Setelah Program CodeBlock dibuka, maka klik Menu File > New > Project..
Pada New From Template box pilih OpenGL project dan klik tombol Go.
2)Kemudian tentukan nama file dan Folder akan disimpan kode program dan ikuti wizard dengan mengklik tombol Next sampai muncul muncul tombol Finish.
3)Setelah mengklik tombol Finish maka akan terbentuk project dengan nama project yang ada buat, dibawahnya ada folder Source dengan sebuah file main.c
4)Kemudian klik Menu Settings>Compiler and Debuger.. Maka akan muncul kotak Global Compiler Settings.
Kemudian klik Linker Setting. Klik tombol Add untuk menambah setting library yang berada di C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib\glut32.lib;
5)Kemudian klik tombol Ok. Seterusnya buka program main.c.dan tulislah coodingnya.
Contoh :
#include
void Draw() {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.25, 0.25, 0.0);
glVertex3f(0.75, 0.75, 0.0);
glEnd();
glFlush();
}
void Initialize() {
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}
int main(int iArgc, char** cppArgv) {
glutInit(&iArgc, cppArgv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(250, 250);
glutInitWindowPosition(200, 200);
glutCreateWindow("Lesson 1");
Initialize();
glutDisplayFunc(Draw);
glutMainLoop();
return 0;
}
0 komentar:
Posting Komentar